Kunci Menghasilkan Ribuan Dollar dari Google Adsense


Google Adsense telah menjelma menjadi sumber mata pencaharian paling besar dikalangan blogger satu dekade terakhir. Bukan hanya blogger, bahkan media mainstrem juga bertumpu pada penghasilan dari Google Adsense. Ratusan bahkan ribuan dollar mereka hasilkan dari Google Adsense tiap bulannya.

Bagi media pemberitaan yang punya penulis sendiri, mencapai kesuksesan ini tentu bukanlah hal yang susah. Dengan modal yang tinggi dan sumber daya yang memadai semua bisa dilakukan dengan cepat. Namun, berbeda jauh dengan blogger yang membangun blognya secara mandiri. Hal ini akan terasa sulit, utamanya di dua tahun pertama menjalankannya.

Tapi, tidak sedikit pula blogger dengan latar belakang iseng menjalankan Adsense bisa menghasilkan uang lebih besar dari yang dibayangkan. Sebut saja Linda Ikeji, wanita asal Nigeri. Penghasilannya bukan lagi ribuan dollar perbulan bahkan sudah mencapai ratusan ribu dollar setiap bulannya. Itu berkat blog gratisan dari blogspot.

Kisah-kisah seperti Linda Ikeji ini masih banyak. Pertanyaannya kemudian, bagaimana sebenarnya agar bisa menghasilkan uang lebih banyak dari blog dengan hanya menjalankan Google Adsense.

Google sebenarnya sudah membocorkan cara ini jauh-jauh hari, namun hanya sedikit yang memaknai dan menerapkannya. Naik turunnya semangat para blogger juga menjadi faktor utama mengapa kunci jawaban dari Google Adsense ini sering kali disepelekan.

Google menyebut kunci sukses ini dengan sebutan "The Magic Wheel" atau "Roda Ajaib" untuk para publishers. Apa itu? Lihat gambar berikut.


Google menempatkan pengunjung atau visitor ada ditengah-tengah. Mereka dikelilingi oleh roda ajaib dari Google Adsense. Roda ini jika terus menerus berputar maka akan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Tapi sayang, tidak selamanya seorang blogger mau menjalankan roda ini dengan baik.

Apa saja unsur "The Magic Wheel" atau "Roda Ajaib" Google Adsense itu, simak penjelasan berikut ini:

1. Build Great Content
Hal utama yang Google Adsense minta dari
seorang blogger adalah konten. Konten yang Anda buat haruslah baik dan bermanfaat. Ibaratnya, konten yang tidak hanya menjadi sampah di internet, namun memberi manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

Google Adsense sangat menyukai konten yang manfaatnya besar. Namun sangat membenci konten yang dihasilkan dari ciplakan. Google juga masih sedikit mentolelir ciplakan yang dimodifikasi. Intinya adalah konten, konten dan konten. Jika ini tidak dibangun dengan baik, jangan harap penghasilan Adsense akan memadai.

2. Make Sure Content is Discovered
Setelah membuat konten yang baik, selanjutnya membuatnya ditemukan oleh peselancar di dunia maya. Sangat disayangkan jika konten yang Anda buat sangat bagus namun tidak dibaca oleh orang-orang. Hal inilah yang harus dikerjakan. Membuat konten tersebut dibaca lebih banyak orang.

Jika Anda pernah mendengar "Content is the King" maka mulai mencari pasangannya, karena "Distribution is a Queen". Yah, distribusi konten adalah kunci jawabannya. Bagaimana caranya? ada banyak cara, namun cara paling mudah dan murah adalah memaksimalkan media sosial seperti Facebook, Twitter atau Google+.

3. Engage and Retain Users
Keunggulan media online adalah terciptanya dua arah komunikasi, penyedia konten dengan pembaca. Hal ini berdampak sangat baik bagi keberlangsungan Google Adsense. Konten yang baik dengan distribusi yang oke, harus dijaga dengan merawat pengunjungnya.

Salah satu cara untuk merawat pengunjung adalah ikut terlibat dalam beberapa diskusi dan sebaik mungkin membuat nyaman para pengunjung tersebut. Nyaman disini bisa secara umum, dari tampilan blonya hingga konten dan manfaat yang diberikan dari blog bersangkutan.

4. Generate Revenue
Saatnya berpenghasilan. Google memasang penghasilan ini dibarisan keempat dalam roda ajaibnya. Tentu ada alasannya. Itu artinya, Google meminta setiap blogger untuk membangun blognya lebih baik dahulu baru memikirkan penghasilan. Dengan blog yang baik, maka penghasilan akan jauh lebih baik.

Ibarat manusia yang baru lahir, mengenal nominal uang pun masih tahu. Begitulah blog, harus setahap demi setahap dulu. Ketika blog yang kita bangun bermanfaat, maka Google dengan suka rela menggelontorkan ribuan dollar buat kita setiap bulannya. Apalagi dengan pengunjung yang setia dan membludak setiap hari, dijamin tokcer.

5. Be Sustainable
Empat tahap diatas buatlah secara konstan dan berkelanjutan. Ini juga salah satu kunci kenapa banyak blogger yang gagal berpenghasilan dari Google Adsense, karena apa yang mereka lakukan tidak berkelanjutan. Padahal, semakin tua dan banyak konten dalam sebuah blog, penghasilannya juga akan semakin banyak.

Kadang kala, ada blogger yang setelah diterima menjadi publisher Google Adsense terlalu eforia akhirnya lupa untuk melanjutkan pembuatan konten berkualitas. Alhasil, banyak yang menempuh cara copy paste artikel. Bukannya berpenghasilan, malah buntung karena bisa saja Google melakukan banned atas akun tersebut.

Cukup lima unsur diatas yang harus dimiliki oleh seorang blogger bahkan perusahaan media sekalipun untuk berpenghasilan ribuan dollar dari Google. Tentu saja ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk peningkatan penghasilan. Namun, jika memahami lima unsur diatas, selebihnya sisa mengoptimalkan.

Jika masih ada yang kurang dari penjelasan diatas, silahkan melanjutkan dengan menambahkan pada kolom komentar. Kami akan dengan senang hati menerima masukan apalagi jika itu memberi manfaat atau membantu teman-teman kita yang masih sulit mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Sekian dan semoga bermanfaat. Jangan Lupa Bahagia!










0 komentar: